Profil

My Photo
HI! My name is Nabilah Sumayyah and I'll try to do the best, and make my parents proud of me.
Wednesday 3 January 2018

Psikologi dan Perpustakaan: Psikologi Perpustakaan

Psikologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata “psyche” yang berarti jiwa dan “logos” yang berarti ilmu. Secara harafiah, psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa, sedangkan jiwa adalah sesuatu yang bersifat abstrak sehingga seringkali ada kesulitan dalam pembuktian ilmu tersebut. Maka dari itu psikologi lebih menitik beratkan pada perilaku dari hasil olah jiwa yang meraga, maksudnya adalah kondisi kejiwaan yang dibuktikan dengan tingkah laku yang nyata.

Sedangkan, Perpustakaan menurut UU no. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka.

Dengan kata lain, psikologi perpustakaan mempelajari tentang jiwa, tentang tingkah laku, tentang kondisi psikologis perpustakaan, baik pemustaka, maupun pustakawannya. Secara lain, mempelajari penerapan psikologi dalam perpustakaan.

Nah, sobat yang mencari referensi buku tentang Psikologi Perpustakaan, bisa nih baca-baca buku karya salah satu dosen Ilmu Perpustakaan UIN Jakarta, Dr. Ida Farida, M.LIS bersama Nina A. Martini. Buku ini berisi tentang materi pokok yang membahas tentang teori-teori psikologi yang dapat diterapkan di perpustakaan dan lembaga informasi lainnya. Perpustakaan dan lembaga sebagai institusi penyedia informasi melibatkan manusia dan kegiatannya, baik manusia yang menyediakan informasi maupun yang menggunakan informasi.



Untuk kalian yang ingin membacanya, silakan klik tautan berikut:

2 Comment:

Unknown said...

Reviewnya dong.

Nabilah Sumayyah said...

Lain kali kak yaa wkw. Kalo mau baca, ada nih bukunya kupunya

Post a Comment

 
;