Profil

My Photo
HI! My name is Nabilah Sumayyah and I'll try to do the best, and make my parents proud of me.
Wednesday 3 January 2018

Peran Perpustakaan dalam Pembinaan Minat Baca dan Tulis

Perpustakaan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berasal dari kata dasar pustaka yang memiliki arti kitab, buku. Dalam bahasa Yunani, perpustakaan disebut dengan Biblia, artinya tentang buku, kitab . Dalam bahasa Belanda nama lain dari perpustakaan adalah Bibliotecha. Sedangkan dalam bahasa Inggris perpustakaan dikenal dengan istilah Library yang diambil dari kata dasarnya yaitu Librer atau Libri yang artinya adalah buku (Sulistyo Basuki: 1991, 3).

Dalam Undang-undang No 43 tahun 2007 Bab I Pasal I menyebutkan bahwa perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka.

Perpustakaan juga berperan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, mulai dari anak-anak hingga dewasa demi menciptakan generasi membaca yang tidak buta informasi. Salah satunya adalah melalui sarana dan prasarana perpustakaan yang diadakan untuk menarik masyarakat dan bagaimana cara mempromosikan bahwa membaca merupakan kegiatan yang tak kalah menarik dibanding bermain gadget seharian.

Tulisan karya Kosam Rumbawa, MLS ini agaknya menjelaskan peranan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca dan tulis. Diterbitkan dalam Jurnal Al-Maktabah Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta dengan judul "Peranan Perpustakaan dalam Pembinaan Minat Baca dan Menulis". Tulisan ini akan membantu sobat akademika yang berkecimpung di dunia Ilmu Perpustakaan untuk lebih memahami tentang peran perpustakaan.

Untuk lebih lanjut sobat bisa mengklik tautan berikut: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32914

0 Comment:

Post a Comment

 
;