Profil

My Photo
HI! My name is Nabilah Sumayyah and I'll try to do the best, and make my parents proud of me.
Tuesday 2 January 2018

Andalusia: Sejarah dan Kontribusi Bagi Peradaban Dunia

Andalusia, adalah sebuah komunitas otonomi Spanyol. Andalusia adalah wilayah otonomi paling padat penduduknya dan kedua terbesar dari 17 wilayah yang membentuk Spanyol. Ibu kotanya adalah Sevilla. Nama Andalusia berasal dari nama bahasa Arab "Al Andalus", yang merujuk kepada bagian dari jazirah Iberia yang dahulu berada di bawah pemerintahan Muslim. 


Andalusia memiliki luas wilayah 700 ribu kilometer persegi. Kalau pada masa sekarang Andalusia itu meliputi sebagian besar wilayah Spanyol, lalu seluruh wilayah portugis, dan sebagian besar wilayah Selatan Perancis. Budaya Andalusia sangat dipengaruhi oleh pemerintahan Muslim di wilayah itu selama delapan abad, yang berakhir pada 1492 dengan penaklukan kembali atas Granada oleh raja dan ratu Katolik.

Seperti apa dan bagaimana sejarah Andalusia, hingga kontribusinya dalam peradaban dunia? Untuk sobat sekalian yang ingin mengetahui lebih lanjut, bisa nih baca Jurnal Ilmu Ushuludin yang berjudul "Sejarah Sosial dan Intelektual Masyarakat Muslim Andalusia dan Kontribusinya bagi Peradaban Dunia" yang ditulis oleh Yoyo Hambali.

Abstrak: Melalui pendekatan sosio-historis, makalah ini menggambarkan sejarah sosial dan intelektual Islam Spanyol, dari sejak kelahiran, kemajuan hinga keruntuhan. Bagaimana Islam Spanyol dibangun? Apa saja faktor-faktor membuatnya maju selama berabad-abad? Tetapi kenapa kemudian mengalami disintegrasi, runtuh, dan lenyap? Sekalipun telah lenyap, tak dapat dipungkiri Islam Spanyol telah memberikan sumbangan besar bagi kemajuan Eropa dan Barat pada umumnya.
Kata kunci: Sejarah sosial dan intelektual, Islam Spanyol, Eropa Abad Tengah, Peradaban dunia 

Yuk yang mau tahu lebih lanjut, klik >> http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ilmu-ushuluddin/article/view/4851 

1 Comment:

Mega said...

Wahh saya baru tau kalo Andalusia ada di Spanyol😅

Post a Comment

 
;