Profil

My Photo
HI! My name is Nabilah Sumayyah and I'll try to do the best, and make my parents proud of me.
Saturday 16 December 2017

Tetapkan SPMI Akhir Tahun, UIN Jakarta Ngebut!

Halo, sobat akademika! Sudah tahu kalau akhir tahun ini pemerintah menuntut perguruan tinggi untuk segera menetapkan SPMI? By the way, apasih SPMI itu?

SPMI atau Sistem Peningkatan Mutu Internal adalah proses bagaimana perguruan tinggi mengatur kendali proses Tridharma Perguruan Tinggi agar dapat memenuhi Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) yang telah ditetapkan dan bahkan bisa melampauinya.
SN dikti itu sendiri telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Peraturan Menristekdikti nomor 44 tahun 2015.

Dalam peraturan tersebut disebutkan batas dan ukuran minimal yang harus dimiliki perguruan tinggi dalam melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Dengan adanya SN Dikti tersebut maka sebuah perguruan tinggi tidak akan lagi sembarangan dalam menjalankan kegiatan Tridharmanya. Untuk mengevaluasi penerapan SN Dikti tersebut, pemerintah kemudian melakukan kegiatan SPME (Sistem Penjaminan Mutu Eksternal), dengan menunjuk BAN-PT dan LAM untuk menjalankan proses akreditasi pada seluruh program studi dan insitusi pendidikan tinggi.

Nah, untuk mencapai hal itu, LPM UIN Jakarta pada 15 September 2017 lalu melakukan sosialisasi SPMI kepada seluruh prodi dan unit di lingkungan UIN Jakarta. Tujuannya untuk menyampaikan rancangan standar dan meminta saran kepada sivitas akademika UIN terkait indikator yang ditentukan.

Ada beberapa standar minimum yang sangat penting untuk dipenuhi yaitu organisasi Pergruan Tinggi harus memiliki Statua, keuangan perguruan tinggi harus WTP (Wajar Tanpa Pengecualian), pengadaan sarana dan prasara harus sesuai dengan prosedur, dalam konteks kepegawaian dosen minimal harus S2, dan mahasiswa harus terlibat aktif dalam kegiatan lokal, nasional dan internasional.

Wah, mari kita berharap semoga SPMI di UIN Jakarta dapat segera terlaksana ya mengingat kita sudah dipenghujung tahun nih! Let's hope the best for our campus :D

Baca selengkapnya di: http://lpm.uinjkt.ac.id/uin-jakarta-tancap-gas-penetapan-spmi/

1 Comment:

Post a Comment

 
;