Profil

My Photo
HI! My name is Nabilah Sumayyah and I'll try to do the best, and make my parents proud of me.
Tuesday 24 October 2017

Perpustakaan Japan Foundation, Jepang Banget!



Kamu penggemar serial kartun Jepang Doraemon? Atau penikmat makanan Sushi? Ingin lebih banyak mengetahui budaya negeri sakura lainnya? Hmm, mungkin perpustakaan satu ini cocok untuk kamu yang ingin mengetahu dan belajar tentang Jepang.


Perpustakaan Japan Foundation merupakan perpustakaan yang dikelola oleh Lembaga Japan Foundation yang bertujuan untuk mengenalkan pendidikan dan budaya Jepang ke kancah internasional. Koleksinya sendiri berisi tentang pendidikan, budaya dan hal-hal menarik lainnya tentang Jepang. Perpustakaan ini terletak di Gedung Summitmas 1, Lantai 2 di Jalan Jend. Sudirman, Senayan. Akses menuju Perpustakaan JF ini pun cukup mudah. Kamu bisa berkendara menggunakan bus Transjakarta dan turun di halte Bundaran Senayan dilanjut dengan berjalan kaki ataupun menggunakan kereta sampai Stasiun Palmerah dan dilanjut menggunakan ojek.

Sebelumnya, untuk memasuki gedung Summitmas ini, kamu harus melewati pemeriksaan terlebih dahulu kemudian menukarkan tanda pengenal dengan id card gedung dan mengisi buku tamu. Baru kamu bisa memasuki gedung Summitmas ini.

Memasuki perpustakan di lantai 2, kamu masih harus menukar kembali id card gedung dengan id card perpustakaan. Eits, tapi id card ini bukan id card untuk member lho ya! Hanya id card pengunjung biasa. Hihi. 

Di dalam ruangan perpustakaan, kamu akan menemui pemandangan khas budaya Jepang seperti hiasan dari Nendroid (re: figur karakter kartun Jepang) boneka Jepang dan juga bunga sakura yang bertebaran.

Sumber: miharujulie.com
Koleksi di perpustakaan JF ini kebanyakan berbahasa Inggris dan Jepang (ssts, impor langsung dari negeri asalnya lho). Tapi, bukan berati kamu tidak bisa membacanya. Disini ada dua orang pustakawan yang siap bersedia membantu kamu. Salah satu pustakawannya sendiri lulusan Sastra Jepang, jadi kamu tidak perlu takut jika tidak bisa memahami isi koleksinya. Tidak hanya itu, disediakan juga koleksi digital seperti CD/DVD dan disket. Kamu bisa menontonnya di dalam perpustakaan menggunakan komputer yang disediakan. Dan, koleksi komik-komik Jepang juga ada lho!
Dok. Pribadi

Perpustakaannya yang nyaman, dilengkapi dengan ruang baca yang cozy akan membuat kamu betah disini. Jika kamu kesulitan mencari koleksi yang kamu inginkan, kamu bisa mencarinya lewat katalog online atau langsung bertanya kepada pustakawannya. Hmm, asyik ya!

Dok. Pribadi
Untuk menjadi anggota perpustakaan ini, kamu perlu mengisiformulir yang disediakan dan melengkapinya dengan fotocpy KTP/Paspor/KTM/Kartu Pelajar, surat keterangan untuk pemegang KTP luar JABODETABEK, dan pas foto 2x3 sebanyak 2 lembar. Jika kamu tidak membawa persyaratan, kamu bisa membawa pulang formulir dan mengirimnya kembali lewat pos. 

Untuk lebih lanjut kamu bisa cek gambar dibawah ini.

Biaya Keanggotaan


Pengalaman saya pribadi saat berkunjung kesana, tempatnya betul nyaman dan sejuk. Apalagi untuk saya yang kebetulan suka dengan budaya Jepang dan Anime (re: kartun Jepang), saya bisa puas berada disana membaca dan melihat-lihat koleksi komik yang ada. By the way, disana ada televisi layar datar yang terhubung langsung ke saluran NHK di Jepang. Wooh, jadi tahu yah siaran televisi Jepang seperti apa!

Tetapi, satu yang menjadi nilai minus dari saya adalah ada salah seorang pustakawannya yang saya rasa kurang ramah alias jutek. Dan yang mengecewakannya, pustakawan yang jutek itu lulusan Ilmu Perpustakaan *input cry here*. Yah, mungkin memang dia sedang sibuk kali ya, jadi lelah mengurusi pertanyaan saya seputar buku, hehe. Eits, tapi bukan berarti pustakawan disini tidak ramah semua ya!

Jika teman-teman ingin tahu tentang seperti apa pendidikan dan budaya di Jepang sana, bisa langsung saja datang ke Perpustakaan Japan Foundation ini!

Sekian tulisan dari saya, sampai jumpa di postingan berikutnya. ^^

3 Comment:

iben said...

disana ada free wifi ga kak may ? buat donlod anime :v

Unknown said...

Mantap gaperlu baca gue udah tau tulisan may bagus👍 (walaupun klik link doang)

しおり said...

Okesip kak may

Post a Comment

 
;