Profil

My Photo
HI! My name is Nabilah Sumayyah and I'll try to do the best, and make my parents proud of me.
Friday 23 February 2018

Mahasiswa UIN Jakarta Membuat Aplikasi Kamus Istilah Perpustakaan Berbasis Android


Perkembangan teknologi informasi pada masa kini kian pesat, sehingga membuat seluruh aspek harus memakai teknologi untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Tak luput pula pada bidang pendidikan, agar mempermudah proses belajar mengajar maka teknologi diterapkan pada bidang tersebut. Seperti halnya pembuatan buku elektronik (e-book), aplikasi pendidikan, online study group, dan lain sebagainya. 


Pada bidang ilmu perpustakaan, salah satu mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan UIN Jakarta bernama M Azhar Hukama membuat terobosan baru dalam bidang teknologi ilmu perpustakaan, yakni aplikasi kamus istilah perpustakaan berbasis android yang disingkat KIPERS.

Latar belakang pembuatan aplikasi ini karena pengembang aplikasi melihat masalah terhadap pekerja informasi (pustakawan), dan sivitas akademik ilmu perpustakaan seringkali lupa bahkan tidak tahu akan istilah-istilah ilmu perpustakaan, hal ini bisa mempengaruhi profesi seseorang jika misalnya ditanyakan hal-hal istilah yang berkaitan dengan perpustakaan. Untuk itu dibuatlah Aplikasi KIPERS untuk menunjang hal tersebut. Dikemas secara praktis, mudah, dan cepat dalam aksesnya tanpa koneksi internet, karena bersifat mobile (bisa dibawa kemana-mana) dan semua orang rata-rata memiliki smartphone android untuk mengakses aplikasi tersebut.

Aplikasi KIPERS dirilis ke Google Playstore pada tanggal 5 Januari 2018, dengan fitur dan keunggulan sebagai berikut:

1. Quiz, terdapat beberapa soal untuk menunjang pemahaman pengguna akan kosakata istilah perpustakaan dengan penambahan dan perombakan soal di setiap aplikasi kipers telah melakukan pembaruan aplikasi di playstore.

2. Aplikasi bisa diunduh secara gratis di google playstore.

3. Terdapat lebih dari 1500+ kosakata istilah dan terus bertambah seiring pembaruan aplikasi.

4. Terdapat kategori dan sumber di setiap definisi kosakata istilah.

5. Pembaruan aplikasi secara rutin.

Yuk yang butuh aplikasi KIPERS, unduh sekarang juga di Google playstore dengan kata kunci “Kipers” atau kamus istilah perpustakaan. Sebagai alternatif bisa unduh di link berikut ini: bit.ly/Kiperapp



Berikut tampilan aplikasi KIPERS:

      


        









0 Comment:

Post a Comment

 
;