Profil

My Photo
HI! My name is Nabilah Sumayyah and I'll try to do the best, and make my parents proud of me.
Thursday 20 July 2017

Bullying is Unfaedah

Karena banyak kasus bullying gue jadi mau cerita wkwk

Jadi waktu TK, gue pernah loh di bully. Bukan bully doang, sering dipalakin juga iya! Sama temen sendiri lagi!

Entah gue nya yang terlalu polos atau gimana kali ya. Tapi saat itu gue udah sadar gue ditindas. Tapi sekali lagi, bisa apasih anak TK? Kayanya sih guru TK gue sadar, soalnya tiap mau nabung gitu (taukan biasanya ada kaya tabungan2 gitu kalo tk/sd?) uang yang gue tabung makin berkurang nominalnya. Pas ditanyain, gue hanya bilang 'emang segitu uangnya' padahal mah uangnya dipalakin, dan bodohnya gue kasih.




Gue tau harusnya gue lapor, tapi gue ga cerita. Baik ke ortu atau ke guru. Gamau ribut aja. Karena kejadian itu, gue di kelas rada tertutup. Gue milih-milih temen. Gue nganalisis (yaelah) mana anak yang bisa bawa gue jadi anak bandel berperilaku buruk, mana yang engga. Ya pasti gue milih yang engga. Karna gue pengen jadi anak baik wkwk (sekarang mah engga kok. Siapa aja gue temenin. Sudah punya filter soalnya hahaha)

Tapi berteman juga gabikin gue terbuka. Gue bersikap biasa aja emang, bercanda hahahihi, tapi ya sebatas itu aja. Gimana ya.. kalo temen gue yang sekarang bilang gue ekstrovert yang tertutup (sampe skrg ga ngerti itu gimana). Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa bikin gue tebuka. Itupun ga terbuka seutuhnya, masih suka ada yang gue tutup2in.

Dan sekarang gue mikir paragraf diatas itu mungkin penyebab gue jadi orang yang sekarang kali ya?

Untungnya pas SD kejadian itu ga berulang. Gue udah berani fight back kalo ada yang begitu lagi. Pernah kecolongan sekali sih, namun nih ya. Endingnya gue sama yang suka ngebully gue itu (pas TK dan satu SD juga sama gue) temenan! 😂 gatau gue jampe2 apaan sampe dia jinak gitu wkwk. Happy ending~~

Eh belom selesai, pas SMP ada cewe2 gitu nyariin gue, 4 lawan 1! (Kalo ga salah inget). Itu gue di introgasi hahaha. Dan ternyata mereka itu adalah barisan patah hati. Yep, cowo yang mereka taksir ternyata malah naksir gue. Dan kebetulan cowo ini paling populer di sekolah. Serius loh wkwk. Gue udah kebal kalo masalah beginian, sering soalnya cewe ngamuk2 atau gibahin gue gara2 cowo mereka atau gebetan mereka naksir sama gue (gue padahal ga salah apa-apa. Gue kan pendiem :c). Cyber bullying juga gue pernah ahaha (pas SMA inimah. Tapi bodo. Beraninya dunia maya ck)

Kalo untuk masalah di atas, gue hadepin sih kalo mereka udah main labrak gitu. Tapi gue usahain menghindari kontak fisik. Jadilah gue malah ngademin mereka haha untung adem endingnya (kekuatan sugesti berhasil yesh)

Masalah yang di SMP ini cuma temen terdekat gue aja yang tau. Gue gasuka sebenernya cerita masalah gini ke temen. Apalagi gara2 cowo. Yaelah kurang ngaji amat idup lo wkwk /belagu/


Yaa, intinya sih kalian sadar ga wahai pelaku pembullyan? Itu kejadian gue udah hampir 15 tahun lalu loh. Dan gue masih inget dengan jelas. Hal kayak gini gabisa dilupain sob. Sulit. Mungkin korban bisa memaafkan, tapi ga bisa melupakan. Kalo udah gitu? Bisa aja berpengaruh sama mental mereka. Entah itu jadi lebih tertutup, takut berinteraksi dengan orang, menjadi fobia akan suatu hal, atau lainnya.

Sampai sekarang gue heran, tujuan dari bullying itu apa? Buat kesenangan? Biar nunjukin kalo pelakunya itu kuat? Hebat gitu? Cari perhatian? HAHAHA justru mereka yang begitu sampah, kurang kerjaan malah melakukan pembullyan. Bukannya belajar, sekolah yang bener gitu. Seperti ga ada hal lain aja yang bisa dilakukan. Padahal, banyak loh hal positif yang bisa dilaksanakan.

Atau emang bisa jadi faktor lingkungan atau keluarga. Lingkungan yang tidak baik dapat mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang kan. Membuat seseorang yang pada awalnya 'baik' menjadi seseorang yang pemberontak. Mungkin sikapnya itu tidak ditunjukan di rumah, tapi bisa jadi ia lakukan di sekolah atau lingkungan lain. Dan faktor keluarga disini maksudnya bukan salah didikan ya.. hmm apa ya. Bisa jadi ia kurang diperhatikan di rumah sehingga cari perhatian di sekolah, salah satunya dengan bullying. Sinetron juga nih bisa mempengaruhi. Banyak banget adegan di sinetron tentang si kaya menghina si miskin dan ugh too much. Banyak deh faktor lainnya. Kalo gue jelasin nanti jadi essay hahaha. *ide bagus nih buat essay gue nanti*


Buat kalian yang ada keinginan untuk melakukannya, urungkan deh niat kalian. Efek dari hal itu jangka panjang. Dan sangat tidak baik. Bukan hanya untuk korban, tapi untuk kalian. Mental kalian juga akan hancur. Belom lagi kalo korban melapor, dead end. Lalu pikirin juga. Gimana kalo kalian yang jadi korbannya? Hmm atau saudara kalian? Adik? Sepupu? Atau anak kalian nantinya? Naudzubillah sih. Daripada bullying mending makan puding :p

-sekian tulisan ga penting ini-

1 Comment:

areatransportasi said...

Waw bermanfaat sekali kaka

Post a Comment

 
;