Profil

My Photo
HI! My name is Nabilah Sumayyah and I'll try to do the best, and make my parents proud of me.
Friday 17 June 2016

Aku dan Islamic Otaku Community

Haai. Disini aku *cailah aku* mau cerita tentang komunitas dimana aku terjun didalamnya setahun terakhir ini. Haha aneh ya tumben pake 'aku' nulisnya. Yah aggap saja aku sedang normal.

Jadi kurang lebih bulan September 2015 aku bergabung dengan komunitas 'jejepangan' namanya Islamic Otaku Community, biasa disingkat IOC. Awal aku join sih karna diajak teman sekelas, Satya dan saudaraku Intan. Awalnya aku tidak tahu menahu tentang
komunitas ini. Aku juga belum pernah join ke komunitas jejepangan, karna menurutku hal seperti itu agak merepotkan hahaaha. Tapi begitu Satya mengajakku, dia bilang dia sudah join karena melihat foto-foto cosplay IOC yang dipampang di jalan dalam kampus UIN. Aku penasaran. Aku tahu dijalan tersebut ada pajangan foto tapi aku gak sadar kalo itu foto cosplay. Jadilah pas lewat jalan itu aku perhatikan. Dan, aku kagum... banyak foto-foto hijab cosplay dipajang.. keren nih. Boleh juga. Jadi lah aku join di IOC chapter UIN. Tanya Satya, tanya Intan. Gimana sih joinnya? Dan disitu aku dikasih sebuah kontak whatsapp. Kontaknya Bang Jekku alias co-kaichou nya IOC. Singkat cerita, masuklah aku ke grup whatsapp IOC UIN.
Disana aku diharuskan isi form perkenalan. Dan di form iti ada pertanyaan 'suka es teh ga' hanjaay apaan ini pertanyaan. Tapi lucu sih jadi isi-isi aja. Beberapa hari join, aku cuman jadi sider alias silent reader. Sampai pas ada community expo di fisip aku datang barenh intan dan satya. Disitulah aku mengenal beberapa member IOC. Mulai dari ka Suci, Ka Isma, Dwi, Ka Zia, ka Edwin, ka Roma, ka Azhar, dan lain-lain. Dan saat itulah aku merasa, 'ah disinilah tempatku'. Membicarakan tentang hobi yang sama amat menyenangkan. Soalnya yang bisa ku ajak ngomongin soal jejepangan hanya senpai ku, mba Ichi 😂 tapi semenjak join disini aku dapat teman baru, dan lain-lain. Saat gathering pertama pun, aku rela datang meski saat itu aku sedang sakit hahaha *sampai obatpun harus ku kantongi* karna rasanya aku akan menyesal jika tidak hadir.



Lama-kelamaan, aku makin betah. Bahkan aku yang sebelumnya tidak terpikirkan untuk melakukan cosplay hijab ikut andil dalam suatu projek untuk Ennichisai. Dan sampai-sampai saat gath 2nd Anniversary IOC aku memberanikan diri jadi pemandu acara. Ah ini pertama kalinya aku jadi MC di acara non formal seperti ini, untungnya acara berjalan dengan lancar dan meriah sampai akhir karna rekanku Anas juga merasakan hal yang sama hahaha *sama-sama belum pernah jadi MC acara non formal maksudnya* dan akhirnya bisa menambah pengalaman ku.


Ah iya. Projek cosplay. Aku ikut projek costeam Owari no Seraph hahaha. Awalnya aku ragu. Dana darimana.. bisakah aku menjiwai karakter... bisakah aku datang ke ennichisai... but finally aku bisa melakukannya. Terima kasih Dwi, Oci, Tina, ka Nada, Ka Roma, ka Bagus, Anas, Adit, Anjas. Dan semua member IOC yang mendukung kami *kami ciwi2 tidak bisa make up karna kami ini rada-rada hahaha*. Ah senangnya. Bahkan bisa tampil di stage clas:h itu sudah merupakan kebanggaan tersendiri karena berhasil membawakan hijab cosplay. iya ini pertama kalinya aku cosplay loh. Keraguan keraguan diatas hanya segelintir ke khawatiran ku. Aku tak suka dicibir dari belakang *lebih baik langsung depan muka* tapi melihat antusiasme pengunjung ennichisai kala itu membuatku tenang, senang, nyaman bahagia sentausa *halah. I feel different back then. Semoga aja dengan itu hijab cosplay tidak lagi dipandang sebelah mata...

Jujur ya, komunitas ini yang membuat aku bener-bener nyelem ke hobiku sendiri. Komunitas ini bisa bikin aku tergerak untu melakukan apa yang ga pernah dan ga mau aku lakukan. Yang biasanya cuma nonton anime atau baca manga sendiri, sekarang aku punya tempat untuk berbagi. Apalagi komunitas itu diisi oleh orang-orang yang bisa mengisi kekosongan waktu ku hahaha. Kadang kalo lagi bosen, kelar ngampus mau ngapain... mau pulang males.. dan mereka ada buat ngisi kekosongan itu. Meski sekedar ngeramen atau ngumpul-ngumpul ketawa-tawa. Tapi mereka ga masalah.
Mereka ga masalah ngajarin aku bagaimana ngatur hijab untuk karakter yang aku cosplay kan. Ajarin make up karna aku sama sekali orang yamh cuek sama hal macam itu. Tempat cerita, berbagi keluh kesah tugas, ga jarang mereka membantu tugas2 hahaha senangnya. Di komunitas ini juga aku ketemu teman yang udah lamaaaaa banget ga aku temuin. Ketemu kawan baru juga, kayak Dwi dan Oci yang always dengerin keluh kesah gue tentang kereta, bis, macet dan tugas.



Ah iya. Ceritanya ngacak ngacak ya. Pasti bingung kalian. Yasudah biarkan.

Di IOC inilah aku bertemu banyak orang, banyak teman dan banyak pengalaman. Maafkan aku kalau terlalu spam di grup bersama krucil-krucil. Terima kasih ya IOC sudah menampungku. Aku suka tagline(?) Kalian. An otaku, muslim, and community. Ah aku suka. Mendalami hobi boleh, tapi jangan lupa ibadah. Duh.

Duh ini kenapa jadi maaf dan terima kasih ya.

Ah yasudah lebih baik kita akhiri sampai sini. Kalau lagi mood aku perbaiki tulisannya. Maklum post lewat hp *kayak ada yang baca aja*

Ah ya jika ada diantara kalian yang tertarik dengan IOC silakan obarak-abrik dulu aja web nya di
http://islamicotaku.com atau ke fanpage nya. Ah atau ketik aja islamic otaku community di gugel juga nanti nemu kok.
Disana kalian akan tahu harus berusan dengan siapa jika ingin bergabung.


Yasudah. See u next time. Bhay♡

0 Comment:

Post a Comment

 
;