Profil

My Photo
HI! My name is Nabilah Sumayyah and I'll try to do the best, and make my parents proud of me.
Monday 17 August 2015

Untuk Indonesiaku


Teruntuk negeriku tercinta, Indonesiaku yang berulang tahun,

Setengah abad dan dua dekade lalu
aku tak tahu apa yang terjadi
Aku tak tahu apa yang terjadi sebelumnya
aku tak merasakan pedih
yang mereka dibawah tanah dulu rasakan
Aku tak merasakan rasanya tertembak serdadu merah-putih-biru
Aku tak merasakan seperti apa kerja romusha
Aku tak merasakan bagaimana mereka yang dulu berjuang
meringis kecewa karena tak diizinkan menyesap hasil tanahmu
Aku tak merasakannya, tak mampu
Aku tak sanggup jika merasakan itu semua

Indonesiaku, negeri dengan gugusan pulau yang indah,
Maafkan aku belum bisa melakukan apapun untukmu
Aku belum bisa memberikan apa-apa di hari ulang tahunmu
Maafkan aku dan saudara-saudaraku yang masih tertutup matanya
Dengan seenak hati ongkang-ongkang kaki
mengotori negeri yang Tuhan ciptakan ini
memangkas paru-parumu
menghitamkan aliranmu yang jernih
membangun pasak beton di badanmu
membiarkan tangan asing menggerogoti emas diperutmu
Maafkan kami, maafkan aku

Maafkan aku yang belum bisa balas jasamu
Doakan aku dan teman-temanku yang tengah belajar, berjuang
Melawan ketidakadilan yang kau rasakan
Melanjutkan tekad dan semangat para pejuang
Kami akan membuatmu bangkit kembali
dan saat itu kupastikan dunia akan terpukau sekali lagi
pada kehebatanmu
keindahanmu
kekuatanmu
Padamu, Indonesiaku

Dirgahayu Republik Indonesia ke-70
Jayalah negeriku, damailah bangsaku

0 Comment:

Post a Comment

 
;